fungsi dan jenis drone

Fungsi dan Jenis Drone – Drone atau yang disebut Unmanned Aerial Vehicle (UAV) / Remotely Piloted Aircraft (RPA) sebelum booming seperti saat ini, pada mulanya hanya digunakan oleh pihak militer. Drone militer berjenis Combat Drone yang berfunngsi untuk melacak dan menyerang. Combat Drone mampu memata-matai musuh, terbang tinggi tanpa tertangkap oleh radar musuh, hingga membawa bom ke wilayah musuh. Namun kini, masyarakat sipil juga mulai menggunakan Drone. Berikut ini akan kami jabarkan fungsi dan jenis drone.

Fungsi dan Jenis Drone :

Fungsi Drone

  1. Fixed Wing Drone (Tunggal)

Bentuknya mirip dengan pesawat komersil. Jangkauannya lebih luas dan lebih cepat pergerakkannya. Biasanya digunakan untuk pemetaan (scanning). Drone  tersebut lebih hemat baterai karena baling-balingnya single.

  1. Multicopter Drone (Multi)

Drone jenis ini mampu membuat video yang lebih bagus karena kestabilannya. Kestabilannya tercipta karena banyaknya baling-baling yang dimiliki. Daya angkut lebih kuat, cocok untuk mengangkut kamera yang berat.

Jenis baling-baling Drone :

  1. 3 Copter
  2. Quadcopter
  3. Hexacopter
  4. Octacopter

Fungsi Drone :

  1. Kurir Barang

Kini barang yang seberat 1 kg bisa dikirim oleh Drone yang dimiliki oleh jasa pengangkutan. Berat yang sanggup diangkut bergantung dengan jenis Drone.

  1. WI-FI mobile

Drone mampu membantu menguatkan signal di beberapa wilayah yang susah signal. Kadang menunggu maitenance akan memakan waktu yang lama dan repot. Untuk sementara itu, Drone yang dapat berpindah-pindah tempat dan lebih praktis mampu membantu.

  1. Jurnalistik

Keterbatasan meliput dalam dunia jurnalistik sangat terbantu oleh kehadiran Drone. Untuk meliput wilayah peperangan, meliput pertandingan, meliput arus lalu lintas dan lain sebagainya. Masyarakat sipil yang memiliki Drone juga menjual foto atau video kepada wartawan. Setiap orang kini bisa menjadi jurnalis karena Drone dan gadget-gadget lain yang semakin easy user.

  1. Dokumentasi

Dewasa ini dalam pesta pernikahan, fotografer menyediakan jasa dokumentasi dengan menggunakan Drone untuk mendapatkan nilai lebih. Pesta dapat diliput dengan ketinggian sudut pandang mata burung. Juga agen properti yang memotret sekeliling rumah yang dijual dengan Drone sehingga calon pembeli dapat menilai apakah lingkungan sekitar rumah juga sesuai dengan seleranya. Dokumentasi perfilman juga memanfaatkan Drone untuk sudut pandang yang lebih menarik.

  1. Pertanian

Industri pertanian kini memonitor lahan mereka dengan Drone. Tidak hanya monitoring, tapi juga dapat menyebar pupuk dan pestisida.

  1. Riset

Drone yang digunakan untuk penelitian memiliki fitur tambahan untuk mempermudah pengumpulan data. Misalnya, melihat kondisi permukaan tanah, mengukur kecepatan angin, dsb.

  1. Tim SARS

Dalam evakuasi, Drone sanggup untuk melewati medah yang sulit diakses dan berbahaya. Drone dilengkapi dengan Global Posittioning System (GPS) dan Infrared, memudahkan tim SARS melacak korban-korban yang belum diselamatkan. Drone pun sanggup membawa bantuan sementara untuk para korban.

  1. Pertahanan

Penegah hukum dapat menggunakan Drone untuk melindungi hutan dari illegal logging dan mengawasi perbatasan wilayah negara.

  1. Maintenance

Untuk perawatan berkala gedung pencakar langit atau jembatan, cukup dilihat dengan Drone, tanpa harus menantang maut naik ke tempat tinggi atau bersusah payah melihat ke kolong jembatan.

  1. Hobi

Bahkan kini ada perlombaan balap Drone.

 

*Diambil dari berbagai sumber.

URL : http://mitrabuanasekurindo.com/

Email : marketing@mbscctv.com

YM : mbs_care

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>