9 cara merawat DVR

9 Cara Merawat DVR – DVR CCTV adalah komponen CCTV yang berfungsi untuk menyimpan hasil dari rekaman setiap unit CCTV. Agar DVR bisa berjalan dengan maksimal dan tidak mudah rusak maka perlu perawatan yang baik. Berikut ini 9 Cara Merawat DVR CCTV Agar Tidak Mudah Rusak dan bisa bekerja secara maksimal

9 Cara Merawat DVR

1. Pasang DVR dengan benar
Dalam memasang perangkat DVR harus mengikuti petunjuk penggunaan yang biasanya di sertakan didalam pembelian perangkat DVR. Misalnya saja perangkat DVR harus dipasang dengan benar tidak boleh terbalik hal ini karena media penyimpanan Harddisk akan susah untuk merekam file-file dari kamera CCTV.

2. Tempatkan DVR CCTV dengan benar
Penempatan DVR sangat berpengaruh, sebaiknya tempatkan DVR di ruangan yang luas serta mempunyai ventilasi yang baik, akan lebih baik lagi DVR diletakkan di ruangan yang ber-AC. Apabila area penempatan DVR berada di luar ruangan, maka harus rajin untuk membersihkan perangkatnya supaya bisa berfungsi dengan baik.

3. Pasang perangkat tambahan DVR CCTV
Untuk mencegah terjadinya kehilangan daya listrik secara tiba-tiba akibat listrik padam, anda dapat memasang Uninterruptible Power Supply (UPS) sehingga memungkinkan DVR bisa dimatikan secara manual. Cek kondisi baterai pada UPS secara berkala serta tambahkan pula stabilizer untuk menstabilkan tegangan arus listrik yang diasup DVR. Selain itu bisa ditambahkan Anti Petir yang berfungsi untuk menangkal dari adanya petir yang bisa saja menyambar kamera kemudian mengalir ke DVR sehingga mengakibatkan perangkat DVR akan terbakar.

4. Cek bagian dalam DVR CCTV
Periksa secara rutin bagian DVR sekali ataupun dua kali dalam setahun dan bersihkan mainboard dari debu dan kotoran. Jika perlu, pakailah kompresor udara untuk membersihkannya. Selalu periksa pula konektor-konektor kamera yang terpasang pada DVR, apakah sudah benar terpasang atau belum.

5. Update firmware terbaru
Untuk mengupdate frimware terbaru anda bisa mengunjungi website vendor CCTV. Dengan firmware terbaru tentunya akan membantu kinerja DVR. Pastikan firmware tersebut cocok pada DVR anda.

6. Optimalkan konfigurasi video CCTV
Periksa ulang pada konfigurasi video, resolusi gambar, kualitas gambar, dan kerapatan gambar. Sesuaikanlah dengan keperluan anda guna memaksimalkan hasil rekaman.

7. Cek jangka waktu hasil rekaman CCTV
Periksalah jangka waktu rekaman yang disimpan jika fitur overwrite aktif. Hal tersebut bertujuan untuk menghindari kehilangan data rekaman jika jangka waktu tersebut terjadi suatu kejadian. Cadangkan apabila hasil rekaman dianggap penting.

8. Cek Konektor DVR
Konektor seringkali akan kendor dan mengakibatkan konsleting, jika hal ini terus berlanjut biasanya akan terjadi panas sehingga mengakibatkan perangkat DVR akan rusak.

9. Cek pengaturan keamanan DVR CCTV
Pastikanlah alamat IP DVR tidak diketahui secara umum jika DVR tersambung ke jaringan internet. Jika perlu pakailah password pada DVR CCTV dan yang paling penting yaitu pastikanlah hanya ada sedikit orang yang bertanggung jawab secara penuh terhadap pengoperasian DVR guna menghindari adanya penggunaan yang tidak semestinya.

Nah, perawatan DVR sangat penting kan agar DVR anda bisa befungsi dengan maksimal. Untuk melihat berbagai macam DVR dengan harga dan varian tipe yang beragam dapat Anda cek di website Mitra Buana Sekurindo. Di sini menjual DVR dan CCTV dengan varian merk dan tipe yang dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan Anda.

 

Baca juga : Tips mudah dalam perawatan CCTV

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>