Tips Mudah dalam Perawatan CCTV

Tips mudah dalam perawatan CCTV – Instalasi CCTV tidaklah lepas dari permasalahan – permasalahan yang akan mengganggu kinerja dari CCTV yang sudah di pasang. Selayaknya tubuh manusia yang memerlukan istirahat dan perawatan, begitu pula dengan CCTV membutuhkan perawatan dan perhatian khusus agar perfoma dan kinerja dari CCTV selalu optimal.

Pasti dalam benak kita muncul pertanyaan, Bukannya CCTV itu tugasnya memang bekerja 24 jam mengawasi dan merekam semua aktifitas yang tertangkap oleh kamera? Jawabannya iya, akan tetapi jika CCTV di biarkan bekerja 24 jam setiap hari dan tidak di berikan perawatan maka kinerjanya akan menurun dan tidak optimal. Bahkan yang lebih parahnya lagi CCTV anda bisa rusak dan pastinya anda harus mengeluarkan uang lagi untuk menservice CCTV anda atau bisa jadi membeli CCTV baru.

Nah, agar anda tidak mengeluarkan uang untuk beli baru CCTV maka berikut tips – tips perawatan untuk CCTV anda yang bisa anda lakukan sendiri atau memanggil tukang installasi CCTV untuk melakukannya.

 

Tips Mudah dalam Perawatan CCTV

Bersihkan komponen CCTV secara berkala
Kebersihan komponen CCTV ini sangatlah penting untuk diperhatikan mulai dari lensa kamera, drive unit, housing, DVR dan monitor. Biasanya lensa CCTV ini sering terkena debu sehingga harus di bersihkan secara berkala. Apalagi CCTV outdoor yang pastinya harus lebih di perhatikan karena posisi CCTV ini berada di luar dan pastinya banyak terkena debu. Kenapa debu ini harus di bersihkan? Karena akan mengganggu kinerja dari cctv dalam menangkap sebuah objek sehingga gambar yang di hasilkan tidak akan maksimal.

Perawatan Komponen – Komponen CCTV secara berkala
Perawatan komponen yang dimaksud adalah kamera cctv sendiri, DVR, kabel serta konektor.

Periksa konektor dan kabel masih menacap bagus pada DVR dan di pastikan tidak putus. Periksa posisi kamera agar posisinya tidak berubah dan sesuai dengan yang anda inginkan.

Periksa Pengaturan CCTV
Aturlah mode kamera sesuai keinginan anda. Mode yang di atur antara lain adalah

  •  Mode rekaman kamera
  •  Masa jangka waktu penyimpanan hasil rekaman
  • Kualitas hasil rekaman, karena akan mempengaruhi kinerja kamera

Backup Rekaman CCTV
Langkah terakhir adalah memback-up hasil rekaman cctv, lakukan penyortiran hasil-hasil rekaman yang penting bisa disimpan. Jika memang semua hasil rekaman dibutuhkan(biasanya untuk perusahan perbankan, rumah sakit, pemerintahan, industrial dll) sebaiknya back-up data atau pindah data dilakukan secara rutin dengan jangka waktu yang tidak terlalu lama dan berkala

Demikianlah tips perawatan CCTV, semoga bermanfaat ya….Jika anda memerlukan CCTV yang murah dan berkualitas NO 1 di Indonesia silahkan kunjungi www.mitrabuanasekurindo.com.

 

Baca juga : Manfaat Pemasangan CCTV

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>